cover
Contact Name
Verdi Yasin
Contact Email
verdiyasin@jayakarta.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jisamar@stmikjayakarta.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research
ISSN : 25988700     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
JISIMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), terbit empat kali setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November, memuat naskah hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Ilmu Manajemen dan Manajemen Terapan, Manajemen Sumber Daya, Sistem Manajemen Enterprise, Akuntansi.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 4 (2019): JISAMAR : Volume 3, Nomor 4, November 2019" : 13 Documents clear
LOAD BALANCING WEB SERVER BERBASIS CLOUD DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ROUND-ROBIN PADA SAMPOERNA UNIVERSITY Febby Triadi Adidrajat; Astriana Mulyani
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 3 No 4 (2019): JISAMAR : Volume 3, Nomor 4, November 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1249.268 KB)

Abstract

Sampoerna University terdapat banyak aplikasi dan website salah satunya Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru. Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru adalah website yang melayani pendaftaran bagi calon mahasiswa baru. Website tersebut menggunakan server biznet cloud. Pada web server website tersebut tidak menggunakan load balancer. Hal ini menyebabkan terjadi down time pada web server ketika website diakses oleh banyak user. Karena daya tampung sebuah web server terhadap request (permintaan) menjadi tolak ukur kehandalan sebuah website. Terutama pada website dengan jumlah pengunjung yang sangat banyak seperti website Penerimaan Mahasiswa Baru membagi traffic request (beban) diperlukan web server tambahan, dimana masing-masing server bekerja dalam sebuah konsep load balancing dengan algoritma round-robin. Dengan teknologi cloud computing akan sangat banyak membantu dari segi kecepatan dan mengurangi/menghilangkan down time sebuah web server yang dialami oleh Sampoerna University.
RANCANG BANGUN SISTEM PEMBUATAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PROYEK BERBASIS WEB Bambang Junadi
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 3 No 4 (2019): JISAMAR : Volume 3, Nomor 4, November 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (960.207 KB)

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi yang pesat merambah keseluruh bidang termasuk bidang usaha jasa kontruksi. Masalah yang dihadapi PT. Nusa Raya Cipta adalah belum tersedianya sistem pembuatan Rencana Anggaran Biaya Berbasis Web. Pembuatan RAB amat penting bagi perusahaan jasa kontruksi mulai dari masa tender sampai pengerjaan tender proyek yang telah dimenangkan . Dengan adanya aplikasi pembuatan RAB selain mempercepat pembuatan harga satuan pekerjaan juga juga sebagai informasi dalam membuat keputusanan menentukan nilai tender yang akan ditawarkan . Dengan Aplikasi RAB berbasis web maka dengan mudah kantor pusat mengupdate harga bahan,upah, sewa alat yang merupakan komponen dalam pembuatan RAB proyek.Kantor pusat dapat memonitor pembelian material/bahan agar sesuai dengan RAB Pembuatan program RAB ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan databasenya menggunakan database relational yaitu Mysql dan metode yang digunakan untuk pembuatan aplikasi RAB dengan metode waterfall.
PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA, LIKUIDITAS DAN SOLVABILITAS TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS PADA PT ASTRA INTERNASIONAL Tbk. TAHUN 2009-2018) Nel Hazrah; Saprudin Saprudin; Tiur Nurlini Wenang Tobing
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 3 No 4 (2019): JISAMAR : Volume 3, Nomor 4, November 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.846 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhPerputaran Modal Kerja, Likuiditas dan Solvabilitas terhadapProfitabilitas (Studi Kasus Pada PT Astra Internasional Tbk yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2018).Variabel independen dalam penelitian ini adalah perputaran modal kerja, likuiditas dan solvabilitas. Untuk variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas. Populasi penelitian adalah PT Astra Internasional Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2009-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh sampel sejumlah 10 tahun.Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dengan metode dokumentasi dengan cara mengakses internet. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik yang terdiri dari empat komponen yaitu Multikolineritas, Heteroskedastisitas, Normalitas, Auto Korelasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS Versi 20. Berdasarkan hasil analisis kesesuaian model uji F dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara perputaran modal kerja, likuiditas dan solvabilitas secara simultan pada profitabilitas
IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN TERINTEGRASI MENGGUNAKAN INLISLITE VERSI 3 PADA PERPUSTAKAAN STMIK JAYAKARTA Zulhalim Zulhalim; Agus Sulistyanto; Anton Zulkarnain Sianipar
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 3 No 4 (2019): JISAMAR : Volume 3, Nomor 4, November 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (840.822 KB)

Abstract

Penerapan TI di perpustakaan yaitu adanya sistem otomasi perpustakaan. Kegiatan sistem otomasi perpustakaan seperti pengadaan, pengolahan, penyimpanan, dan menyebarluaskan informasi kepada pemustaka. Sistem yang terotomasi sangat berdampak baik bagi pustakawan, petugas perpustakaan dan pemustaka karena mudahnya mengelola, mengakses, dan memperoleh sumber informasi yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan proses implementasi aplikasi otomasi perpustakaan terintegrasi INLISLite versi 3 pada Perpustakaan STMIK Jayakarta dan memastikan keberhasilan implementasi aplikasi serta mampu menghadapi kendala pada proses implementasi aplikasi. Proses implementasi aplikasi INLISLite Versi 3 dimulai dari persiapan, permohonan bimbingan teknis, pelaksanaan bimbingan teknis, instalasi aplikasi, setting penggunaan aplikasi, implementasi infrastruktur dan menghadapi kendala yang terjadi pada proses implementasi aplikasi.
IMPLEMENTASI FRAMEWORK LARAVEL PADA SISTEM INFORMASI SEKOLAH MENGGUNAKAN METODE WATERFALL BERBASIS WEB (studi kasus sekolah luarbiasa Matahati Jakarta) Safaat Akbar; Fitri Latifah
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 3 No 4 (2019): JISAMAR : Volume 3, Nomor 4, November 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (962.179 KB)

Abstract

Dinamika persaingan bisnis saat ini berdampak bagi sebagian besar masyarakat. Keadan ini menyembabkan terjadinya perubahan disegala bidang, tidak tekecuali dibidang pendidikan, di masa internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kehidupan saat ini menjadikan dunia terhubung tampa batas, tidak ada satu kejadianun yang tidak dapat diketahui melalui media internet. Dampak dari berkembangnya internet arus informasi yang semakin cepat dan menjadikan semua kegiatan dalam kehidupan manusia semakin bergerak secara dinamis, keadaan ini berdampak pula pada operasinal sekolah yang tidak lagi statis, melainkan menjadi dinamis . Sekolah saat ini tidak lagi menjadi tempat yang terisolir yang hanya dikenal dilingkungan terbatas dimana sekolah itu berkedudukan dengan adanya internet menjadikan sekolah dapat memperkenalkan dirinya melalui website untuk memperkenalkan sekolah kepada masyarakat, tidak terkecuali sekolah berkebutuhan khusus Matahati sebagai sekolah yang mengkhususkan pendidikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus mencoba untuk memperkenalkan sekolah kepada masyarakat luas dengan menggunakan media website sehingga, masyarakat yang memiliki anak berkebutuhan khusus dapat dengan mudah menyekolakan anak mereka kesekolah Matahati. Pembangunan Sistem Informasi sekolah pada sekolah kebutuhan khusus Matahati dengan menggunakan framework Laravel dengan metode pembangunan sistem informasi menggunakan Waterfall dan penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian deskriptif tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu sekolah Matahati dalam pengelolaan sekolah dan juga dalam melakukan promosi sekolah
DETERMINASI RETURN ON ASSETS DAN RETURN ON INVESTMENT TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN SEKTOR FARMASI Rina Dameria Napitupulu
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 3 No 4 (2019): JISAMAR : Volume 3, Nomor 4, November 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.865 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinasi dari return on assets dan return on investment terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan regresi liniear berganda. Data yang diambil merupakan data sekunder dari BEI. Hasil penelitian menunjukan: pertama return on assets berpengaruh terhadap profitabilitas, kedua return on investment berpengaruh terhadap profitabilitas. Selain itu hasil analisis menunjukan sub sektor farmasi pada periode 2017-2018 memiliki perkembangan profitabilitas, diketahui sebesar 62,9% (return on assets dan return on investment) sedangkan sisanya sebesar 37,1% dipengaruhi oleh variabel lain.
PENGARUH BEBAN PAJAK TANGGUHAN DAN LABA TERHADAP BEBAN PAJAK TAHUN BERJALAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN Tiyas Rahayuningsih; Saprudin Saprudin
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 3 No 4 (2019): JISAMAR : Volume 3, Nomor 4, November 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.788 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Beban Pajak Tangguhan terhadap Beban Pajak Tahun Berjalan pada perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia dalam periode 2015 - 2017, (2) Laba terhadap Beban Pajak Tahun Berjalan pada perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia dalam periode 2015 2017, (3) Pengaruh Beban Pajak Tangguhan dan Laba secara bersama- sama terhadap Beban Pajak Tahun Berjalan pada perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia dalam periode 2015 - 2017. Data - data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Penarikan sampel yang digunakan adalah teknik purposive samping. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan sampel sebanyak 30 perusahaan dari 49 populasi perusahaan sektor tambang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam periode 2015 - 2017, sehingga data penelitian yang dianalisis berjumlah 90. Penelitian ini menggunakan teknik regresi linear berganda dan regresi linear sederhana untuk menguji hasil hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari beban pajak tanguhan terhadap beban pajak tahun berjalan dan pengaruh negatif yang signifikan dari laba terhadap pajak tahun berjalan. Secara simultan beban pajak tangguhan dan laba berpengaruh signifikan terhadap terhadap beban pajak tahun berjalan.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS PADA PT.CRESYN INDONESIA Purwantoro Purwantoro; Yuyun Umaidah
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 3 No 4 (2019): JISAMAR : Volume 3, Nomor 4, November 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1140.181 KB)

Abstract

Pesatnya perkembangan dunia industri membawa dampak tersendiri untuk keberadaan industri di Indonesia.[2]Untuk menghadapi tekanan persaingan tersebut perusahaan harus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusianya[1] sehingga dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan. PT. Cresyn Indonesia merupakan salah satu pelaku yang bergerak di bidang industri, Dalam hal ini perusahaan harus menemukan orang yang tepat bagi suatu jabatan tertentu[4] sehingga orang tersebut mampu bekerja secara optimal dan dapat bertahan di perusahaan untuk waktu yang lama. Berhasil tidaknya suatu perusahaan ditentukan oleh unsur karyawan yang melakukan pekerjaan.Perusahaan harus selektif untuk memilih dan menerima karyawan baru, mulai daripendidikan hingga pengalaman bekerja.Perusahaan-perusahaan mempunyai kriteria-kriteria yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.Untuk mendukung usaha perusahaan tersebut dalam penerimaan karyawan maka diperlukan sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan yang tepat bagi perusahaan, karena sistem penerimaan karyawan harus disesuaikan dengan kondisi dari perusahaan saaat ini, dimana metode yang dianggap sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini adalah dengan menggunakan metode analytical hierachy process (AHP), Hasil yang diperoleh pada goal berdasarkan kriteria penerimaan karyawan menunjukkan 34.0 % pengalaman,28.1% pendidikan,9.2% tes psikologi,7.3% tes kesehatan,5.8% wawancara
ANALISA PENGHAPUSAN NOMOR POKOK WAJIB PAJAK (NPWP) DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA JAKARTA KEMAYORAN Sugiyah Sugiyah
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 3 No 4 (2019): JISAMAR : Volume 3, Nomor 4, November 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.787 KB)

Abstract

Sebagai sektor yang cukup besar dalam memberikan kontribusi pendapatan di Indonesia maka pemerintah berupaya agar masyarakat sebagai Wajib Pajak yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif perpajakan, mempunyai kewajiban untuk mendaftarkan diri ke Kantor Pelayanan Pajak untuk diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang berfungsi sebagai sarana dalam memulai proses awal administrasi perpajakan. Sebagai otoritas pajak, pengahapusan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) akan berdampak berbanding lurus dengan berkurangnya penerimaan Negara. Salah satu hak Wajib Pajak adalah mengajukan penghapusan NPWP. Penghapusan NPWP dapat dilakukan atas permohonan Wajib Pajak dan/atau secara jabatan berdasarkan hasil Pemeriksaan atau hasil Verifikasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan yang mengatur mengenai tata cara pemeriksaan atau tata cara verifikasi. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis untuk mendapatkan data sebagai objek penulisan yaitu dengan metode deskriptif,dan kualitati. Prosedur penghapusan NPWP telah melalui suatu mekanisme yang mudah dan dilakukan dengan online dengan alamat http/www.pajak.go.id, melalui aplikasi e-registration sehingga memudahkan bagi pemohon. Alasan penghapusan terbanyak NPWP dikarenakan Wajib Pajak orang pribadi yang telah meninggal dunia dan tidak meninggalkan warisan.
APLIKASI INVENTORI OUTLET PADA PT. KONIMEX JAKARTA BERBASIS ANDROID Luci Kanti Rahayu; Agustiena Merdekawati; Wasis Zakaria
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 3 No 4 (2019): JISAMAR : Volume 3, Nomor 4, November 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (875.12 KB)

Abstract

Perkembangan Perangkat seluler yang telah menjamur pada giliranya dapat dimanfaatkan manusia sebagai media komunikasi jarak jauh yang efisian, handphone genggam misalnya lebih fleksibel dan mudah untuk dibawa kemanamana sehingga selalu menemani pengguna dimanapun berada, perkembangan sistem operasi handphonepun telah mengalami kemajuan belum lama ini sistem operasi android telah berkembang pesat dan hampir menguasai pasar mobile. Proses pencatatan barang yang dilakukan manual pada suatu outlet terjadi dua kali, pencatatan yang dilakukan pegawai pada outlet dan selanjutnya proses pencatatan yang dilakukan pegawai pada kantor sehingga berkemungkinan adanya kesalahan pencatatan pada jumlah barang. Oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi inventori outlet yang mampu mencatat data secara langsung dari pegawai yang berada pada suatu outlet ke komputer yang berada di kator pusat yang menampung data pencatatan barang dari berbagai outlet.

Page 1 of 2 | Total Record : 13